Praktik Hukum dan Magang Mahasiswa FIAI UII di KUA

Eko Mardiono Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Turi Kabupaten Sleman menerima penyerahan mahasiswa Program Studi Ahwal Syakhsyiyyah Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) UII Yogyakarta untuk melaksanakan praktik hukum dan magang di KUA Kecamatan setempat pada Senin, 30 September 2019.

Dosen Pembimbing Akademik Praktik Hukum dan Magang, Erni Dewi Riyanti, S.S., M.Hum., setelah menyerahkan para mahasiswanya menyampaikan bahwa, Praktik Hukum ini merupakan model pembelajaran yang menitikberatkan pada pelatihan keterampilan peserta didik dalam bidang profesi hukum.

Adapun Magang merupakan salah satu matakuliah wajib dalam bentuk keterampilan kerja sesuai dengan kompetensi mahasiswa Ahwal Syakhsyiyyah. Model pelaksanaan magangnya pun lebih menitikberatkan pada kegiatan-kegiatan di kantor.

Magang dijadikan sebagai bekal keterampilan kerja dan administrasi hukum bagi mahasiswa dalam rangka mewujudkan alumni yang terampil di bidang keahliannya secara profesional.

Praktik Hukum dan Magang di KUA Kecamatan Turi semester ini terdiri dari 10 mahasiswa yang dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang pertama mulai 30 September 2019 s.d. 11 Oktober 2019 dan gelombang kedua mulai 14 s.d. 25 Oktober 2019, demikian Erni Dewi Riyanti.

Sementara itu, Kepala KUA Kecamatan Turi, Eko Mardiono, S.Ag., MSI., dalam Kata Sambutannya menanggapi, menerima, dan mengucapkan terimakasih atas dijadikannya KUA Kecamatan Turi sebagai salah satu KUA Kecamatan tempat Praktik Hukum dan Magang Mahasiswa Program Studi Ahwal Syakhsyiyyah FIAI UII Yogyakarta.

Sebagai pembekalan awal bagi para mahasiswa dalam praktik hukum dan magang, Eko Mardiono pada kesempatan itu langsung memberikan materi tentang kedudukan, tugas, dan fungsi KUA Kecamatan.

Menurut PMA Nomor 34 Tahun 2016, KUA Kecamatan adalah Unit Pelaksana Teknis pada Kementerian Agama, berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam dan secara operasional dibina oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kotamadya.

KUA Kecamatan berkedudukan di Kecamatan dan dipimpin oleh Kepala. KUA Kecamatan mempunyai tugas melaksanakan layanan dan bimbingan masyarakat Islam di wilayah kerjanya, yaitu di kecamatan.

Dalam melaksanakan tugasnya tersebut, KUA Kecamatan menyelenggarakan beberapa fungsi. Yaitu: (1) Pelaksanaan pengawasan, pencatatan, dan pelaporan nikah dan rujuk; (2) Penyusunan statistik layanan dan bimbingan masyarakat Islam; (3) Pengelolaan dokumentasi dan sistem informasi manajeman KUA.

(4) Pelayanan bimbingan keluarga sakinah; (5) Pelayanan bimbingan kemasjidan; (6) Pelayanan bimbingan hisab rukyat dan pembinaan Syariah; (7) Pelayanan bimbingan zakat dan wakaf; dan (8) Pelaksanaan ketatausahaan dan kerumahtanggaan KUA Kecamatan.

Selain itu, KUA Kecamatan juga melaksanakan fungsi layanan Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kecamatan bagi para jemaah haji yang akan berangkat ibadah haji pada tahun berjalan.

Selama praktik hukum dan magang di KUA Kecamatan Turi, para mahasiswa akan mendapatkan bimbingan dan Pembimbing Praktik, baik bimbingan di ruang kerja layanan kantor ataupun bimbingan di ruang klasikal guna membahas dan mendiskusikan berbagai persoalan layanan kantor yang dihadap, terutama problematika penerapana hukum di KUA Kecamatan, demikian Eko Mardiono.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan memberikan komentar di kolom ini. Atas masukan dan kritik konstruktifnya, saya ucapkan banyak terimakasih

PASANGAN HIDUP

Wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik, dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). (QS. an-Nur: 26)

Maka, jadilah yang baik, kamu pun mendapatkan yang baik.

PENGHULU

Kedudukan Penghulu
Penghulu berkedudukan sebagai pelaksana teknis fungsional di bidang kepenghuluan pada Kementerian Agama.
Tugas Penghulu
Penghulu bertugas melaksanakan kegiatan pelayanan dan bimbingan nikah atau rujuk, pengembangan kepenghuluan, dan bimbingan masyarakat Islam.

SUKSES PENGHULU

Raih Angka Kredit Penghulu: Putuskan apa yang diinginkan, tulis rencana kegiatan, laksanakan secara berkesinambungan, maka engkau pun jadi penghulu harapan.

Categories

Followers

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *