Cultural Visit: Nilai Integritas Kunjungan ke TMII

Oleh: Eko Mardiono, S.Ag., MSI.

Inspektorat Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia menyelenggarakan Workshop Penguatan Integritas ASN bagi para Kepala Madrasah, Pengawas, dan Penghulu Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan pada 6 s.d. 9 Desember 2023 di asrama haji Pondok Gede Jakarta.

Ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan. Di antaranya kegiatan Cultural Visit (kunjungan budaya) ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta.

Salah satu tujuan Cultural Visit supaya para peserta menggali nilai-nilai integritas yang terkandung dalam anjungan-anjungan yang ada di TMII. Semua peserta dibebaskan memilih anjungan yang akan digali nilai-nilai integritasnya.

Secara teoretis, nilai-nilai integritas bagi ASN mencakup banyak aspek, yaitu kejujuran, profesionalitas, kedisiplinan, tanggung jawab, kemandirian dan lain-lain.

Sebagaimana peserta workshop yang lain,  Penulis pun juga mengunjungi banyak anjungan. Dalam kesempatan ini, penulis akan menyampaikan salah satu anjungan yang penulis kunjungi, yaitu bangunan Rumah Betawi yang masuk anjungan DKI Jakarta.

Menurut penulis, ada beberapa nilai integritas yang terkandung dalam bangunan Rumah Betawi. Di antaranya:

Pertama: Serambi Rumah Betawi sangat luas dan bersih serta ada kursi tempat duduk yang tertata rapi. Makna integritas yang terkandung di sini adalah pemilik rumah sangat menghormati dan memuliakan tamu yang datang berkunjung ke rumah.

Nilai integritas yang dapat dipetik oleh ASN, bahwa ruang layanan front office perkantoran harus luas, nyaman, dan tersedia tempat duduk yang nyaman dan aman serta ramah difabel dan lansia.

Kedua: Di ruang tengah ada 2 (dua) orang yang ramah dan santun. Saat penulis memasuki ruangan, dua orang petugas tadi berdiri dan dengan ramah menyapa penulis. Mereka pun menanyakan apa yang dapat mereka bantu.

Penulis jawab, saya adalah peserta kegiatan workshop penguatan integritas ASN yang lakukan cultural visit ke TMII. Mereka pun menanggapi dengan baik dan menjawab semua yang penulis tanyakan.

Nilai integritas yang dapat dipetik oleh ASN, bahwa ASN yang bertugas di front office harus ramah, santun, dan proaktif menerima tamu sebagai penerima layanan. Memposisikan diri ASN sebagai pemberi layanan dan memposisikan tamu sebagai penerima layanan.

Ketiga: Kamar mandi dalam tata ruang bangunan Rumah Betawi dipisahkan dari bangunan utama rumah. Hal itu karena ruang utama rumah harus bersih dan sehat. Sementara itu, kamar mandi bisa jadi aromanya kurang sedap serta ada air limbah yang kurang sehat.

Nilai integritas yang dapat dipetik oleh ASN, bahwa bangunan perkantoran harus bersih, sehat, dan aromanya segar dan wangi. Petugas cleaning service harus terampil dan disiplin serta diperhatikan kesejahteraannya. Misalnya gaji/honornya dianggarkan dari RM, bukan dari BOP, sehingga jumlahnya dapat cukup signifikan.

Keempat: Di depan Rumah Betawi ada sebuah kereta. Hikmahnya bangunan Rumah Betawi tampak indah dan berwibawa.

Nilai integritas yang dapat dipetik oleh ASN, bahwa halaman perkantoran harus ditata rapi dan indah. Jika perlu dibuat taman yang asri dan sejuk.

Selain itu, Nilai integritas yang dapat dipetik oleh ASN adalah ASN harus siap melaksanakan tugas di luar kantor dengan menyiapkan alat transportasi, berupa kendaraan dinas sesuai dengan kondisi medannya.

Kelima: Melayani tamu dengan ikhlas, tanpa memungut biaya. Hal ini penulis alami saat penulis mengunjungi Rumah Betawi tersebut.

Saat itu setelah penulis selesai berkunjung dan berdialog dengan petugas rumah yang berada di dalam ruangan, penulis keluar ruangan.

Penulis pindah ke halaman depan bermaksud berfoto selfie. Penulis datang seorang diri, tidak mengajak teman. Saat penulis berfoto selfie, ada seorang ibu setengah baya menghampiri penulis.

Sejak penulis datang memang seorang ibu yang setengah baya itu terus menerus menyapu halaman rumah. Namun tiba-tiba ibu tadi berhenti menyapu, kemudian menghampiri penulis, lalu bertanya ke penulis, “Boleh saya membantu menfotokan supaya hasil fotonya bagus?”

Penulis pun terperanjat, tidak mengira ibu tadi akan membantu, maka penulis jawab, ya bu terimakasih. Kemudian ibu tadi menfotokan penulis dalam beberapa lokasi.

Setelah menfoto, ibu tadi langsung kembali menyapu halaman. Penulis panggil tuk ucapkan terima kasih, tapi ibu tadi tidak menghiraukan. Penulis lalu menghampiri dan mengucapkan terimakasih. Ibu tadi malah menjawab, “ Ya sama-sama bapak, tapi tidak apa-apa, saya tadi hanya menfotokan, saya senang sekali kalau hasil fotonya bagus, semoga bapak juga senang”.

Nilai integritas yang dapat dipetik oleh ASN adalah layanilah tamu dengan ikhlas, tanpa memungut biaya di luar ketentuan. Buatlah tamu pulang dengan senang!

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan memberikan komentar di kolom ini. Atas masukan dan kritik konstruktifnya, saya ucapkan banyak terimakasih

PASANGAN HIDUP

Wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik, dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). (QS. an-Nur: 26)

Maka, jadilah yang baik, kamu pun mendapatkan yang baik.

PENGHULU

Kedudukan Penghulu
Penghulu berkedudukan sebagai pelaksana teknis fungsional di bidang kepenghuluan pada Kementerian Agama.
Tugas Penghulu
Penghulu bertugas melaksanakan kegiatan pelayanan dan bimbingan nikah atau rujuk, pengembangan kepenghuluan, dan bimbingan masyarakat Islam.

SUKSES PENGHULU

Raih Angka Kredit Penghulu: Putuskan apa yang diinginkan, tulis rencana kegiatan, laksanakan secara berkesinambungan, maka engkau pun jadi penghulu harapan.

Categories

Followers

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *